Rabu, 29 April 2009

SIGALE - GALE " Boneka leluhur yg keren "

Nama boneka kayu yang bisa digerakkan untuk menari, boneka ini bukan mainan yang biasa. Sigale - gale merupakan boneka peninggalan sejarah yang merupakan ikon kebudayaan batak. Yang dapat kita jumpai di pulau samosir, danau toba. Bentuknya yang sangat unik dengan pakaian tradisional batak yang melekat dibadannya.

Sigale - gale Areal

Si Gale-gale ini adalah anak bangsawan ( baca ; Raja di Pulau Samosir ). Namun kemudian meninggal dunia dan orang tuanya tak rela dengan kepergiannya tersebut. Maka untuk menghibur diri, mereka membuat replika anaknya tersebut. Boneka kayu itu dibuat dengan sedemikian rupa sehingga bisa digerakkan dari belakang oleh seseorang. Gerakan itu terjadi karena bagian lengan dan kepala dihubungkan dengan tali yang tersembunyi. Menurut informasi bahwa konon dahulu kala jumlah tali yang menggerakkan si Gale-gale itu sama dengan jumlah urat yang ada di tangan manusia. Si Gale-gale menari dengan iringan musik tradisional Batak.

Si Gale-gale ini sebagai salah satu daya tarik wisata. Si Gale-gale ini juga diberi hiasan dengan motif tradisional Batak yang tak kalah indahnya. Terdapat juga pahatan dengan gambar cicak yang juga diletakkan untuk menghiasi boneka ini. Ada pula yang unik di dasar tempat si Gale-gale ini berdiri, ada pahatan berupa 4 ( baca ; four ) buah gundukan yang menurut informasinya adalah bentuk yang menggambarkan payudara wanita. Si Gale-gale juga menggunakan kain ulos yang merupakan kain tradisional Batak yang sangat terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar